Jumat, 12 Juni 2020

Filsafat Al Kindi dan Al Razi

Berfikir merupakan sifat yang tidak bisa dilepaskan dari manusia yang merupakan makhluk yang diberi akal oleh Allah Swt. dalam berfikirnya manusia menggunakan pendekatan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berfikir filsafat merupakan hasil usaha manusia untuk berkesinambungan di seluruh jagad raya ini. akan tetapi, berfikir filsafat dalam arti berfikir bebas dan mendalam atau radikal yang tidak dipengaruhi oleh dogmatis dan tradisi disponsori oleh filosof-filosof yunani.

Peradaban Islam muncul tidak lepas dari berbagai pemikiran yang berkembang dalam Islam. Berbagai pemikiran yang muncul tersebut biasa disebut filsafat Islam. Pemikiran yang berkembang dalam filsafat Islam memang didorong oleh pemikiran filsafat Yunani yang masuk ke Islam. Namun, hal itu tidak berarti bahwa filsafat Islam adalah nukilan dari filsafat Yunani. Filsafat Islam adalah hasil interaksi dengan filsafat Yunani dan yang lainnya. Hal itu dikarenakan pemikiran rasional umat Islam telah mapan sebelum terjadinya transmisi filsafat Yunani ke dalam Islam.

Filsafat Islam yang dipelopori oleh para filosof muslim timur telah mengembangkan sayapnya dan menancapkan cakarnya dengan kuat. Dalam filsafat Islam para filosof muslim memadukan antara agama dan filsafat. Para ilmuan muslim terdahulu sesungguhnya memiliki andil yang sangat besar dalam mengembangkan kajian tentang filsafat. Dalam makalah ini akan dibahas tentang salah satu filosof muslim yang sangat berjasa pada masanya yaitu Al-Kindi dan Abu Bakar Ar-Razi. Baik mengenai sejarah lahir dan karya-karyanya maupun tentang filsafat-filsafatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar